HomePortalCalendarGalleryFAQSearchRegisterMemberlistUsergroupsLog in
Share | 
 

 REGGAE & RASTA

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
Admin
Admin


Male
Number of posts: 29
Age: 37
Registration date: 2007-05-08

PostSubject: REGGAE & RASTA   Wed Aug 01, 2007 7:19 pm

Reggae dan rasta

Di Indonesia, reggae hampir selalu diidentikkan dengan rasta. Padahal,
reggae
dan rasta sesungguhnya adalah dua hal yang berbeda. "Reggae adalah nama
genre musik, sedangkan rasta atau singkatan dari rastafari adalah
sebuah pilihan jalan hidup, way of life," ujar Ras Muhamad (23),
pemusik reggae yang sudah 12 tahun menekuni dunia reggae di New York
dan penganut ajaran filosofi rasta. Repotnya, di balik ingar-bingar dan
kegembiraan
yang dibawa reggae, ada stigma yang melekat pada para penggemar musik
tersebut. Dan stigma tersebut turut melekat pada filosofi rasta itu
sendiri. "Di sini, penggemar musik reggae, atau sering salah kaprah
disebut rastafarian, diidentikkan dengan pengisap ganja dan bergaya
hidup
semaunya, tanpa tujuan," ungkap Ras yang bernama asli Muhamad Egar ini.
Padahal, filosofi rasta sesungguhnya justru mengajarkan seseorang hidup
bersih, tertib, dan memiliki prinsip serta tujuan hidup yang jelas.
Penganut rasta yang sesungguhnya menolak minum alkohol, makan daging,
dan bahkan mengisap rokok. "Para anggota The Wailers (band asli Bob
Marley) tidak ada yang merokok. Merokok menyalahi ajaran rastafari,"
papar Ras.

Ras mengungkapkan, tidak semua penggemar reggae
adalah penganut rasta, dan sebaliknya, tidak semua penganut rasta harus
menyenangi lagu reggae. Reggae diidentikkan dengan rasta karena Bob
Marley—pembawa genre musik tersebut ke dunia—adalah seorang penganut
rasta.

Ras menambahkan, salah satu bukti bahwa komunitas reggae di Indonesia
sebagian besar belum memahami ajaran rastafari adalah tidak adanya
pemahaman terhadap hal-hal mendasar dari filosofi itu. "Misalnya waktu
saya tanya mereka tentang Marcus Garvey dan Haile Selassie, mereka
tidak tahu. Padahal itu adalah dua tokoh utama dalam ajaran rastafari,"
ungkap pemuda yang menggelung rambut panjangnya dalam sorban ini.

Pemusik
Tony Q Rastafara pun mengakui, meski ia menggunakan embel-embel nama
Rastafara, tetapi dia bukan seorang penganut rasta. Tony mencoba
memahami ajaran rastafari yang menurut dia bisa diperas menjadi satu
hakikat filosofi, yakni cinta damai. "Yang saya ikuti cuma cinta damai
itu," tutur Tony yang tidak mau menyentuh ganja itu. Namun, meski tidak
memahami dan menjalankan seluruh filosofi rastafari, para penggemar dan
pelaku reggae di Indonesia mengaku mendapatkan sesuatu di balik musik
yang mereka cintai itu. Biasanya, dimulai dari menyenangi musik reggae
(dan lirik lagu-lagunya), para penggemar itu kemudian mulai tertarik
mempelajari filosofi dan ajaran yang ada di baliknya.

Seperti diakui Hendry Moses Billy, gitaris grup Papa Rasta asal Yogya, yang
mengaku
musik reggae semakin menguatkan kebenciannya terhadap ketidakadilan dan
penyalahgunaan wewenang. Setiap ditilang polisi, ia lebih memilih berdebat daripada "berdamai". "Masalahnya bukan pada uang, tetapi praktik seperti itu tidak adil," tandas Moses yang mengaku sering dibuntuti orang tak dikenal saat beli rokok tengah malam karena dikira mau beli ganja. Sementara Steven mengaku dirinya menjadi lebih bijak dalam memandang hidup sejak menggeluti musik reggae. Musik reggae, terutama yang dipopulerkan Bob Marley, menurut Steven, mengajarkan perdamaian, keadilan, dan antikekerasan. "Jadi kami memberontak terhadap ketidakadilan, tetapi tidak antikemapanan. Kalau reggae tumbuh, maka di Indonesia tidak akan ada perang. Indonesia akan tersenyum
dengan reggae," ujar Steven mantap. Sila dan Joni dari Bali menegaskan,
seorang rasta sejati tidak harus identik dengan penampilan ala Bob
Marley. "Rasta sejati itu ada di dalam hati," tandas Sila sambil
mengepalkan tangan kanan untuk menepuk dadanya.

Mari kita diskusikan artikel diatas tersebut....
Back to top Go down
View user profile http://www.indoreggae.com
soyarebellion



Number of posts: 1
Registration date: 2007-08-07

PostSubject: We Agree with u   Tue Aug 07, 2007 4:52 pm

Stigma populis yang hidup dalam masyarakat adalah tantangan untuk para Reggae Lovers. Yang di katakan Ras Muhammad soal Rastafari dan Reggae adalah hal yang berbeda adalah benar. Namun tidak bisa di kesampingkan antara Rastafari dan Genre musik Reggae adalah hubungan yang saling menguntungkan. Kaum Rastafari menggunakan Reggae sebagai alat atau media perlawanan, seperti halnya Punk dalam Anarkisme dan Sindikalis.

Nah ini yang harus segera di jawab di tengah stigma negatif yang hidup dalam masyarakat bahwa reggae adalah rastafarian, bahwa reggae adalah pengkonsumsi ganja. ketidaktahuan masyarakat yang menyebabkan stigma ini muncul dan hidup. tinggal cara kita sebagai reggae lovers meluruskan stigma ini menjadi positif. Media yang di miliki indoreggae mungkin jadi alat bantu untuk bisa meluruskan pandangan negatif terhadap reggae lovers.

Rastafari adalah spirit perlawanan yang harus tetap hidup dan jadi spirit kita untuk bisa bebas dari belenggu kapitalisme dan neoimperialisme sebagai turunannya. Kalau dahulu kaum Rastafarian berjuang melawan belenggu perbudakan, kini pun sama halnya. yang membedakan adalah bukan melawan perbudakan fisik melainkan perbudakan budaya dan ekonomi.

Hasta la Vista, Viva Revolucionare
Back to top Go down
View user profile http://www.myspace.com/soyarebellion
fanatiCanz_sycho



Number of posts: 4
Registration date: 2007-11-10

PostSubject: Re: REGGAE & RASTA   Sat Nov 10, 2007 11:33 pm

Hubungan antara reggae sama ganja gua rasa kental banget, tapi seorang reggae man ga harus nge ganja, tapi berdasarkan pengalaman gua, yang suka ganja pasti suka reggae! pirat

Gua sendiri bingung, gua suka reggae karna gua suka ganja apa gua suka ganja karena gua suka reggae...? Rolling Eyes

Yang jelas, buat gua reggae dan rasta itu sesuatu yang satu. Saling memberi satu sama lain.

With smile,

=Alkohol itu membunuhmu, dan ganja membangkitkanmu!= (Bob Marley-Kutipan dari buku "Dunia Dalam Ganja -Dari Aceh hingga Bob Marley)
Back to top Go down
View user profile http://fanaticanz.wordpress.com
goezie_reggae



Male
Number of posts: 1
Age: 27
Registration date: 2007-12-20

PostSubject: Re: REGGAE & RASTA   Thu Jan 10, 2008 12:50 am

KLo Mnurut Gw Sech...

Reggae Itu Emang IdentiK ma Rastea...

DImana Ada Reggae Pasti Ada Rasta...

N' Jg SbaLikNya...

Dimana Ada Rasta Pasti Ada reggae...


Jah bLezz

RasTa Is My Live....
Reggae Is My Music..
Back to top Go down
View user profile http://www.friendster.com
newnotnsara



Number of posts: 1
Registration date: 2008-07-15

PostSubject: Re: REGGAE & RASTA   Tue Jul 15, 2008 11:53 pm

mungkin aku lebih ingin bertanya? bagaimana faham rastafari yang di bilang Ras tersebut? Apakah selalu memakai ganja? atau bagaimana? KArena kalo bicara media Indonesia, semua digunakan untuk keuntungan sebagian orang. mgkin saja rastafari tidak selalu make ganja tapi karena akan menjadi pesaing buat musik lain yang di bunuh lah image nya. 
Back to top Go down
View user profile http://www.indoreggae.com
anaytgl



Number of posts: 1
Registration date: 2009-10-07

PostSubject: Re: REGGAE & RASTA   Wed Oct 07, 2009 3:14 am

Woww...keren artikelnya..

Oya bro salam kenal...
saya anung yusmar pengguna forum ini. ada yang ingin saya tanyakan yakni dimana saya bisa temukan komunitas reggae mania atau apalah namanya yang bukan rasta mania yang identik dengan ganja dan ragi (rambut gimbal) di Indonesia akitannya dengan rencana saya untuk membuat event baru buat reggae untuk kalangan excecutive muda yang menurut saya banyak juga menggemari musik reggae tapi terhambat oleh atribut reggae di indonesia yang lo bilang salah kaprah itu.

Kalo ada lo bis email ke anaytgl@gmail.com

tx ya...
Back to top Go down
View user profile http://anaytgl.blogspot.com
alyskiss



Female
Number of posts: 1
Age: 21
Registration date: 2010-03-22

PostSubject: Re: REGGAE & RASTA   Mon Mar 22, 2010 3:51 pm

permisi nih bradda and sistah gue mau melontarkan pendapat nih.kalo menurut gue sih ya reggae,rasta,cannabis itu menurut gue adalah hal yang sangat berbeda.
reggae : aliran musik
rasta : suatu ajaran & kepercayaan
cannabis : ganja.
mungkin kalo dari musik reggaenya sendiri itu isinya tentang cinta damai (salah satu yang di ajarin sama ajaran rastafari) jd orang2 banyak yang nyambung2in.tapi kalo soal reggae sama ganja? gue sama sekali engga setuju.
kalo menurut gue sih ini yaaaaa kalo orang yang suka ngeganja dulu mangkanya jadi suka musik reggae itu karena kalo orang ngeganja kan setau gue tuh lama2 fly gitu kan lama2 naik nah mereka suka lagu reggae karena pembawaannya tenang dan damai,kalo mereka dengerin musik metal pasti pembawaannya ga asik jadi mangkanya mereka pilih musik reggae buat nemenin ngeganja.
kalo sebaliknya ada orang suka reggae duluan baru mulai suka ngeganja itu namanya sok asik banget! karena dia ngeliat orang lain ngeganja sambil ngedengerin lagu reggae jadi dia mikirnya orang ngedengerin lagu reggae harus ngeganja jadi dia ikut2an deh biar dibilang keren.

padahal musik reggae bisa di nikmatin kapan aja,ga harus selalu ngeganja dulu baru bisa nikmatin.
waktu lo lagi sedih,seneng,bahkan marah musik reggae tuh paling pas buat nemeninnya.kata2 dan iramanya kaya aroma terapi,petikan gitarnya bisa bikin urat joget jadi ga tahan buat ngikutin iramanya,pokonya reggae musiknya orang yang cinta damai (BISA DI BUKTIKAN KOK.gue sering kalo lagi marah & sedih dengerin reggae jd ilang)
Back to top Go down
View user profile http://twitter.com/alyssash
 

REGGAE & RASTA

View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1

 Similar topics

-
» Wicked Reggae Video mix
» Bost & Bim - Yankees a Yard - Reggae Remix Mix Pt1
» Reggae Veterans Day Out Vol 1: 80s Mix
» Documentary: Reggae In Babylon (1978)
» Bost & Bim - Yankees a Yard - Reggae Remix Mix Pt2

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
 :: -